Kamis, 03 Januari 2013

Ganmao/influenza

Ganmao/influenza sering disebabkan patogen bersifat angin, gejala kliniknya antara lain ialah nyeri kepala, hidung tersumbat, keluar ingus, bersin, demam, gigil dan nyeri otot. Ganmao/influeza sering terjadi pada pertukaran musim atau cuaca yang berubah dengan drastis.
Ganmao/influeza mirip dengan influeza yang dimaksud dalam kedokteran barat, namun cakupan Ganmao lebih lugs. Selain Ganmao mencakup influenza dalam kedokteran Barat, juga tercakup radang saluran pernapasan atas, rhinitis alergis (alergi dalam hidung) dan lain-lain.

A. Penyebab dan Mekanisme Terjadinya Penyakit
Ganmao/influenza sering disebabkan serangan patogen bersifat angin pada tiga meridian Yang. Mekanisme antara lain ialah:
a) Zheng Qi/kekuatan tubuh lemah
Fei/paru berada pada Shangiiao (_L Ajiao atas), menguasai pernapasan, kulit dan bulu roma, memegang peran penting dalam menahan serangan patogen luar. Apabila tubuh dalam keadaan lemah atau sedang menderita penyakit kronis, maka hal tersebut akan menyebabkan Wei Qi/daya tahan tubuh menjadi lemah, sehingga patogen luar mudah menyerang ke dalam tubuh.
Sebagai contoh, misalnya tubuh yang kekurangan Yang (YangXu) mudah terserang patogen bersifat angin dingin; dasar tubuh kekurangan Yin (YinXu) mudah terserang patogen bersifat angin panas atau kering; tubuh dengan Pi-limpa lemah mudah terserang patogen lembap. Orang yang mempunyai daya tahan tubuh kuat, apabila sesuclah keluar keringat langsung kena angin dingin atau hidup tidak teratur maka hat tersebut juga dapat menyebabk terserangnya Ganmao/influenza.

b) Serangan enam patogen luar
Angin merupakan patogen yang paling sering menyebabkan Ganmao/influenza. Patogen angin mempunyai mobilitas yang tinggi sekali. Patogen tersebut sering menyerang masuk ke dalam tubuh bersama patogen lain pada saat perubahan musim atau perubahan cuaca secara drastis. Di daerah yang mempunyai empat musim, pada musim dingin sering terjadi Ganmao/influenza bersifat angin dingin; musim semi timbul Ganmaol influenza bersifat angin panas; musim panas sering timbul Ganmao/influenza angin panas disetai lembap; musim gugur sering timbul Ganmao/influenza bersifat angin kering. Di daerah tropis, pada musim panas sering timbul Ganmao/influenza bersifat angin panas. Namun pada waktu pancaroba menjelang pergantian musim panas ke musim penghujan, udara yang lembap dan panas: menyebabkan Ganmao/influenza yang timbul sering menunjukkan sindroma angin panas membawa patogen lembap; sedangkan Ganmao/influenza yang terjadi pada musim penghujan sering menunjukkan sifat angin dingin.

c) Ganmaolinfluenza epidemis
Ganmao/influenza epidemis sering terjadi pada peralihan musim abnormal, atau cuaca berbecla dengan musim, misalnya terjadi cuaca dingin pada musim panas; terjadi kekeringan pada musim penghujan clan lain-lainnya. Cuaca yang terjadi abnormal bukan pada musimnya tersebut sering memicu timbulnya patogen yang menyebabkan Ganmao/influenza epidemis, karena umumnya patogen yang timbul pada musim abnormal mempunyai daya menular yang sangat kuat.
B. Bian Zheng Lun Zhi (baca PiencengLunce)
Gejala klinik Ganmaolinfluenza pada permulaan antara lain ialah hidung tersumbat, keluar ingus, nyeri kepala dan takut angin. Kemudian disusul dengan gejala naiknya suhu badan, batuk, tenggorokan gatal atau nyeri, umumnya dapat sembuh dalam 5-10 hari; Ganmaollinfluenza epidemis wring terjadi secara massal pada satu daerah, penderita secara mendadak demam, bahkan suhu badan tinggi sekali, nyeri otot, lesu clan lain-lainnya, mumnya gejala kliniknya berat. Karena kekuatan WeiQi/daya tahan setiap individu berbeda, demikian juga terdapat perbedaan kekuatan dari patogen, maka gejala yang timbul dalam klinik berbeda-beda.
Dalam klinik perlu dipantau perasaan takut dingin dan tingginya suhu badan, sehingga dapat membedakan sifat penyakitnya. Ganmao/influenza yang tergolong sindroma angin dingin umumnya perasaan takut angin dan dinginnya lebih dominan; yang tergolong angin panas, umumnya suhu badan lebih tinggi tetapi hanya sedikit perasaan takut dinginnya; yang tergolong sindroma panas membawa patogen lembap, umumnya panasnya tidak keluar permukaan tubuh. Selain itu perlu dipanatau keringatnya. Pada umumnya sindroma angin dingin yang berkeringat tergolong BiaoXu (Piaosi, yaitu sifat Xu pada Biao/dangkalnya) , sedangkan yang tidak berkeringat tergolong BiaoShi (baca Piaose, yaitu sifat Shi pada Biao/dangkalnya). Kemudian perlu juga diperhatikan adanya gejala lain yang menyertainya, misalnya apabila disertai muntah, kembung dan selaput lidah tebal mengkilap, maka hal tersebut kemungkinan terdapat patogen lembap atau makanan tidak tercerna; apabila disertai napas pendek, lesu, palpitasi, muka pucat dengan nadi yang mengambang dan lemah, maka hal tersebut menunjukkan sindroma QiXu (kekurangan Qi).

Secara umum karena Xie/patogen masih berada pada area Fei/paru dan Wei/ pertahanan, maka pada prinsipnya pengobatan diutamakan menghalau patogen pada daerah tersebut, di samping perlu juga diperhatikan sifat patogennya. Sindroma angin dingin diterapi dengan cara mengeluarkan patogen angin dan menghilangkan patogen dingin; sindroma angin panas diterapi dengan cara mengeluarkan patogen angin dan meredam patogen panas; yang membawa patogen lembap panas di samping meredam patogen panas, perlu dibantu dengan menyalurkan patogen lembap; orang yang mempunyai dasar tubuh yang lemah dan sering terserang Ganmao/influenza, selain menghalau patigen, juga perlu diperhatikan menguatkan Wei Qi/dayatahan, karena apabila hanya diterapi dengan cara menghalau patogen saja akan mengakibatkan tubuh semakin lemah, sehingga semakin sering terserang Ganmao/influenza.

Berhubung gejala klinis dari banyak penyakit yang disebabkan patogen luar, misalnya (dalam kedokteran Barat) demam berdarah, hepatitis, typhoid, meningitis, encephalitis dan lainlainnya, pada awalnya hampir sama dengan Ganmao/influenzamaka dalam klinik perlu diadakan diagnosis diferensial. Pada umumnya suhu badan Ganmao/influenza normal atau tidal terlalu tinggi, setelah diberi antipiretik dapat keluar keringat dan suhunya akan turun serta nadi menjadi tenang. Sedangkan penyakit infeksi lainnya suhu badan tinggi sekali, disertai nadi yang tidak tenang; suhunya dapat turun apabila diberi antipiretik, namun tak lama kemudian akan naik lagi, bahkan terdapat juga kasus yang tidak turun sama sekali walau setelah diberi antipiretik. Umumnya penyakit infeksi lainnya dengan cepat berubah menj adi sindroma Li/dalam.

a. Ganmao/influenza sindroma angin dingin
i) Gejala dan tanda:
Demam dengan ciri takut dingin sekali, suhu hanya naik sedikit; tidak keluar keringat, nyeri kepala, nyeri otot, hidung tersumbat dan mengeluarkan ingus encer, tenggorokan terasa gatal, batuk, mengeluarkan dahak putih dan encer, tidak haws, tubuh lidah tampak agak pucat, selaput lidah tipis dan putih, nadi Fu/mengambang dan Jin/kencang.
ii) Analisis:
patogen angin dingin menyerang area Biao/dangkal, hal tersebut menyebabkan Wei/daya tahan bersiifat Yang itu terhalang, maka penderita terasa takut dingin, suhu badan naik, dan tidak berkeringat; sektor Yang tidak dapat menyebar dapat menyebabkan Jingluo tidak mendapatkan pemeliharaan semestinya, maka timbul nyeri kepala, otot terasa linu; patogen angin menyerang saluran pernapasan bagian atas, menyebabkan FeiQi tidak dapat menyebar, maka timbul hidung tersumbat, pilek, tenggorokan terasa gatal dan batuk; karena patogen dingin bersifat Yin, maka penderita tidak merasa haul, atau walau terasa haws hanya ingin minuman pangs; lidah pucat, selaput lidah putih tipis, serta nadi Fu/mengambang dan Jin/kencang merupakan pertanda dari serangan patogen dingin pada area Biao/dangkal.

iii) Prinsip pengobatan:
Eliminasi patogen angin dingin, lancarkan FeiQi.

iv) Titik-titik akupunktur:
Da Shu, Feng Chi, Feng Men, Fei Shu, Lie Que. Apabila terdapat pilek dapat ditambah dengan titik Yin Xiang; gatal tenggorokan dapat ditambah Ren Ying.

v) Cara akupunktur:
Ta Shu ditusuk sedalam 0,8- 1 Cun, gunakan stimulasi bersifat Xie/sedatif, linunya diradiasikan ke dada; Feng Chi diarahkan ke mata kontra lateral perasaan pengakupunkturannya (Zhen Gan) dapat terasa pada dahi; Feng Men dan Fei Shu ditusuk sedalam 1 Cun, diarahkan ke tulang belakang, gunakan stimulasi bersifat Xie/sedatif, Lie Que ditusuk sedalam 0,3-0,5 Cun, gunakan stimulasi bersifatXie/sedatif.

vi) Alasan penggunaan titik-titik:
Titik Da Shu berfungsi membuka pori-pori, sehingga patogen angin dingin dapat disalurkan ke luar tubuh, Feng Men, Feng Chi dan Fei Shu mengeluarkan patogen angin dan melancarkan FeiQi, Lie Que adalah titik luo pada meridian Fei/paru yang dapat mengeliminasi patogen angin dingin pada Biao/dangkal.
b. Ganmao/influenza sindroma angin panas
i) Gejala dan tanda:
Suhu badan agak tinggi, takut terhadap angin, sedikit mengeluarkan keringat, nyeri kepala, batuk dengan mengeluarkan dahak kuning dan pekat. Sering disertai nyeri, bengkak dan merah tenggorokan (radang tenggorokan), hidung tersumbat atau mengeluarkan ingus kuning kental; haul dan ingin minum air dingin, lidah merah. selaput lidah tipis berwarna putih agak kuning serta, nadi Fu/mengambang dan Suo/cepat.
ii) Analisis:
Serangan patogen angin panas ke bagian Biao/dangkal, menyebabkan Wei/daya tahan tubuh mengadakan perlawanan di bagian Biao. Hal tersebut menyebabkan timbulnya suhu badan tinggi, takut terhadap angin, dan mengeluarkan sedikit keringat. Patogen angin panas menyerang daerah atas, menyebabkan saluran Luo tidak lancar, maka timbul nyeri kepala. Patogen angin panas menyerang saluran sistern paru, maka timbul radang tenggorokan, disertai haul, hidung tersumbat dan mengeluarkan ingus kuning kental. Serangan patogen panas ke sistem paru juga menyebabkan batuk dengan mengeluarkan dahak kuning pekat dengan lidah merah, selaput lidah tipis berwarna putih agak kuning Berta nadi Fu/mengambang dan Suolcepat. Hal itu merupakan pertanda adanya Serangan patogen angin panas ke daerah Biao/dangkal, tepatnya bagian Wei/daya tahan Fei/paru.
iii) Prinsip pengobatan:

Mengusir patogen angin clan mengeliminasi patogen panas, mendinginkan Fei/paru. iv) Titik-titik akupunktur:
Da Zhui, Qu Chi, Yu Ji, Wai Guan, Feng Chi, Feng Men.
v) Cara akupunktur:
Cara menusuk Da Zhui dan Qu Chi sama dengan atas, Qu Chi ditembuskan ke titik Chi Ze,Yu Ji diarahkan ke titik Lao Gong, tusuk sedalam 0,5 Cun, Wai Guan ditembuskan ke Nei Guan, Feng Chi diarahkan ke mata sisi kontra lateral, tusuk sedalam 0, 7-1 Cun, Feng Men ditusuk sedalam 0,5 -1 Cun. Semua titik gunakan stimulasiXie-sedatif.

vi) Alasan penggunaan titik-titik:
Titik Da Zhui berfungsi mengeliminasi patogen panas, dengan dikombinasikan dengan titik Yu Ji dapat membuahkan hasil melancarkan Fei Qi . sehingga meredakan batuk dan menghilangkan radang tenggorokan; Qu Chi adalah titik He dari meridian Yang Ming tangan, berfungsi meredakan panas pada bagian Biao/dangkal; Wai Guan adalah titik Luo dari meridian San Jiao, dapat membantu menghilangkan patogen angin dan panas; Feng Chi dan Feng Men dapat mengusir patogen angin ke luar tubuh. Pengkombinasian titik-titik di atas menghasilkan efek mengusir patogen angin. mengeliminasi patogen panas dan mendinginkan Fei-paru.

c. Ganmao/influenza sindroma lembap panas
i) Gejala dan tanda:
Suhu badan naik tapi tidak terlalu teraba pada permukaan tubuh, sedikit terasa takut angin dan dingin, kepala terasa berat, nyeri dan pusing; otot terasa nyeri dan anggota badan terasa berat, batuk dan mengeluarkan dahak pekat, mengeluarkan ingus kental, gelisah, haws tapi tidak ingin banyak minum. dada terasa tertekan, mual, perut teraswa kembuna kotoran tidak berbentuk, air sem sedikit dan berwarna cokelat, selaput lidah kuning tipis, Wadi Ruempuk dan Suo-cepat.
ii) Analisis:
Patogen yang timbul pada musim panas, selain bersifat panas, umumnya membawa sifat lembap. Seiring dengan sifat patogen lembap yang melekat maka apabila patogen lembap dan panas menyerang bagian Biao-permukaan, wring menyebabkan patogen tersebut susah menembus keluar, karena itu suhu badan naik, tapi tidak terlalu teraba pada permukaan tubuh, dan penderita terasa sedikit takut angin dan dingin Berta nyeri otot; patogen lembap panas menyerang bagian atas tubuh maka kepala terasa berat, nyeri dan pusing; Patogen lembap panas menyerang Fei/paru, menyebabkan Fei Qi tidak dapat menyebar, dan Shujiang (menurunkan dan membersihkan), maka timbul batuk dan banyak dahak kental dan keluar ingus kuning kental; patogen lembap panas mengacau bagian dalam tubuh, memekatkan Jinye-cairan, maka timbul gelisah, haws, air sent kurang dan berwarna kuning; patogen lembap panas menghalangi Zhongjiao Uiao-tengah), menyebabkan Qi tidak lancar, maka dada terasa tertekan, mual, perut terasa kembung, kotoran tidak berbentuk, haws tapi tidak ingin banyak minuet; selaput lidah tipis berwarna kuning mengkilap, nadi Ru-empuk dan cepat merupakan pertanda dari adanya patogen lembap panas.

iii) Prinsip pengobatan:
Mengeliminasi patogen panas dan lembap, mengakomodasi tubuh bagian luar dan dalam.
iv) Titik-titik akupunktur:
Da Zhui, He Gu, Zhong Wan, Zhi Gou, Yin Lin Quan, Zu San Li.
v) Cara akupunktur:
Cara penusukan Da Zhui dan He Gu telah dibahas di depan, titik Zhong Wan ditusuk sedalam 1,0 1.5 cun diberikan stimulasi dengan menggores-gores pegangan jarum, Zhi Gou, Yin Lin Quan dan dan Zhu San -Li gunakan cara Xie-sedatif.
vi) Alasan penggunaan titik-titik:
Da Zhui dan He Gu dapat mengeliminasi patogen pada bagian Biao-permukaan; Zhong Wan. Yin Lin Quan dan Zu San Li menguatkan Pi-limpa Wei dan lambung untuk menghilangkan patogen lembab; Zhi Gou adalah titik dari meridian San Jiao digunakan untuk melancarkan saluran cairan sehingga patogen lembap dapat tersalurkan.
d. Ganmao/influeza pada tubuh ZhengQi/daya tahan tubuh lemah
Orang yang Zheng Qi/kekuatan tubuhnya lemah mudah terserang Ganmao/influenza. Dalam klinik paling sering dijumpail QiXu Ganmao (influenza pada orang Qi lemah), YangXu Ganmao (influenza pada orang Yang-nya kurang), Xiexi Ganmao (influenza pada orang kurang Xue/darah) dan YinXu Ganmao (linfluenza pada orang kekurangan Yin)
d.1) QiXu Ganmao
i) Gejala dan tanda:
Penderita terasa takut dingin sekali, suhu badan naik, nyeri kepala, hidung tersumbat, batuk dengan suara lemah, tidak ada tenaga mengeluarkan dahak, terasa lesu, napas pendek, tidak ingin banyak bicara, lidah tampak pucat, selaput lidah putih, nadi mengambang tidak bertenaga.
ii) Analisis:
Dasar tubuh dengan Qi lemah, menyebabkan tidak dapat menahan serangan patogen luar, sehingga mudah menderita Ganmao/influenza. Karena daya tahan tubuhnya lemah, maka apabila terserang patogen luar, penyakitnya susah sembuh. Gejala perasaan takut dingin sekali, nyeri kepala, suhu badan naik, hidung tersumbat menunjukkan adanya patogen luar, sedangkan batuk dengan suara lemah, tidak ada tenaga mengeluarkan dahak, terasa lesu, napas pendek, tidak ingin banyak bicara menunjukkan penderita dalam keadaan lemah, terutama kekurangan Qi. Demikian juga lidah pucat, selaput lidah putih, nadi mengambang dan tidak bertenaga menunjukkan adanya serangan patogen luar pada tubuh yang lemah.

iii) Prinsip pengobatan:
Menguatkan Qi dan mengusir patogen pada bagian Biao/permukaan
iv) Titik-titik akupunktur:
Da Zhui, Feng Men, Feng Chi, Qu Chi, Qi Hai, Zu San Li.
v) Cara akupunktur:
Cara penusukan Da Zhui, Feng Men, Feng Chi, danQu Chi sama dengan yang di depan, hanya bedanya ialah diberi stimulasi yang ringan; Qi Hai ditusuk sedalam 1,0-1,5 cun, gunakan cara Bu/menguatkan
iv) Alasan penggunaan titik-titik:
Da Zhui, Feng Men, Feng Chi, Qu Chi adalah titik-titik yang dapat mengusir patogen pada area Biao permukaan; Qi Hai dan A San Li adalah titik-titik yang mempunyai khasiat menguatkan Qi.
d.2) YangXu Ganmao
i) Gejala dan tanda:
Suhu badan hanya naik sedikit, penderita terasa dingin sekali, tidak berkeringat atau berkeringat secara spontan, kepala dan tubuh terasa nyeri, muka pucat, suara lemah, anggota badan dingin, lidah tampak pucat dan gemuk, nadi Chen/tenggelam dan tidak bertenaga.
ii) Analisis:
Daya tahan tubuh lemah dan kekurangan Yang menyebabkan patogen bersifat angin dan dingin mudah menyerang ke dalam tubuh. Karena kekurangan Yang, maka apabila terserang patogen angin dan dingin, suhu badan hanya naik sedikit, dan terasa dingin sekali, keluar keringat secara spontan atau tidak mengeluarkan keringat. Yang Qi lemah menyebabkan tubuh tidak dapat dihangatkan dan peredaran Qi dan Xue/darah tidak lancar, maka kepala dan tubuh terasa nyeri, anggota badan dingin; suara lemah, lidah pucat dan gemuk serta nadi Chen/tenggelam dan lemah menunjukkan Yang lemah.
iii) Prinsip pengobatan:
Menambah kekuatan Yang dan mengusir patogen padaBiao-permukaan.
iv) Titik-titik akupunktur:
Feng Chi, Wai Guan, Bai Hui, Da Zhui, Guan Yuan. Dapat ditambah He Gu dan Fu Liu.
v) Cara akupunktur:
Feng Chi dan Wai Guan gunakan stimulasi netral; Bai Hui ditusuk ke arah ventral sedalam 0,5 cun; Da Zhui tusuk sedalam 1,0 cun dan gunakan stimulasi Bu/menguatkan, dapat diberi moksa. Guan Yuan tusuk sedalam 1,0-1,5 cun, gunakan stimulasi Bu-menguatkan, dapat diberi moksa.
A) Alasan penggunaan titik-titik:
Pada sindroma YangXu Ganmao, tubuh yang kekurangan Yang, terserang patogen angin dan dingin, karena itu gejala klinisnya berbarengan menunjukkan sifat Xu (si) dan Shi (se). Maka pengobatannya selain harus menambah kekuatan Yang, juga mengusir patogen yang berada di area Biao/permukaan. Titik Feng Chi dan Wai Guan digunakan untuk mengusir patogen yang berada pada Biao/permukaan, sedangkan Bai Hui adalah titik meridian Du, digunakan untuk menambah Yang pada meridian Yang. Demikian juga titik Guan Yuan merupakan titik penguat, digunakan untuk menanambah kekuatan Yang. Demikian juga titik He Gu dan Fu Liu bekerjasama mengusir patogen dan menguatkan tubuh, di samping itu kedua titik itu merupakan titik empiris yang dapat menghentikan pengeluaran keringat secara, spontan.
d.3) Xue Xu Ganmao (Ganmao pada keadaan Xue/darah kurang)

i) Gejala dan tanda:
Nyeri kepala, suhu badan naik, sedikit terasa takut dingin, tidak berkeringat, muka pucat, bibir dan kuku pucat, pusing, palpitasi, lidah pucat, selaput lidah putih, nadi teraba Xi-halos, Fu-mengambang tidak bertenaga.
iii) Prinsip pengobatan:
Sindroma ini umumnya terjadi setelah menderita penyakit serius, pasca melahirkan atau perdarahan Karma kondisi tubuh masih lemah dan Xue/darah tidak cukup, sehingga mudah sekali terserang patogen luar, dan menyebabkan terjadinya sindroma ini. Patogen angin yang menyusup ke dalam, tubuh ketika kondisi tubuh lemah menyebabkan Ying/nutrisi dan Wei-pertaha tidak serasi, maka timbul nyeri kepala, suhu badan naik sedikit, tidak berkeringat; karma Xue/darah tidak cukup, hingga tidak dapat memberi kecera pada seluruh tubuh, maka muka, bibir dan kuku tampak pucat; Xue/darah kurang, tidak dapat mendukung aktivitas Xin/jantung dan kepala, maka timbul palpitasi dan pusing-pusing; lidah pucat, selaput lidah putih, nadi Xie/halus, mengambang dan tidak bertenaga adalah pertanda bahwa tubuh kekurangan Xue/darah dan terserang patogen angin.
iv) Titik-titik akupunktur:
Feng Chi, Wai Guan, He Gu, Ge Shu, Gan Shu, San Yin Jiao, Xie Hai. Palpasi dapat ditambah titik Nei Guan, puling ditambah titik Tai Yang.
v) Cara akupunktur:
Feng Chi, Wai Guan gunakan stimulasi Xie/sedatif, He Gu tusuk tegak lurus sedalam 0,5 1 cun, gunakan stimulasi Xie-sedatif, Ge Shu dan Gan Shu tusuk tegak lurus sedalam 0,8-1,2 cun, gunakan stimulasi Bu/menguatkan, San Yin Jiao dan Xie Hai tusuk sedalam 1,0- 1,5 cun, gunakan stimulasi netral.
vi) Alasan penggunaan titik-titik:
Dalam XieXu Ganmao tubuh kekurangan Xue/darah dan terserang patogen, maka bersamaan menunjukkan sindroma Xu dan Shi, sehingga dalam pengobatan perlu menambah Xue/darah dan mengusir patogen. Wai Guan, Feng Chi dan He Gu merupakan titik-titik yang berkhasiat mengusir patogen angin yang berada pada area Biao-permukaan, sedangkan Ge Shu adalah titik dominan Xie-darah, Gan Shu berkhasiat menambah Gan Xie, penusukan kedua titik tersebut pada meridian Pi/limpa, digunakan untuk menguatkan fungsi Pi/limpa yang mentransformasi Jing makanan dan minuman menjadi Xue/darah.
d.4) YinXu Ganmao (Ganmao pada kondisi Yin kurang)
i) Gejala dan tanda:
Suhu badan naik sedikit, takut dingin, Tidak mengeluarkan keringat atau hanya mengeluarkan sedikit keringat, kepala nyeri dan pusing, hidung dan tenggorokan kering, batuk nonproduktif, gelisah haus; telapak tangan dan kaki serta dada terasa panas lidah merah, selaput lidah tipis atau tidak ada selaput lidah, nadi Xi/halus, Fu/mengambang dan Shuo/cepat.
fl) Analisis:
Tubuh yang berlatarkan Yin tidak cukup apabila terserang patogen dari luar, maka mengekspresikan kekurangan Yin dan adanya patogen luar. Yin kurang menyebabkan timbulnya pusing, hidung dan tenggorokan kering, gelisah, telapak tangan, kaki dan dada terasa panas. Serangan patogen 1uar menyebabkan timbulnya batuk non produktif, suhu badan naik sedikit, takut dingin dan nyeri kepala; lidah merah, selaput lidah tipis atau tidak berselapu nadi Xi/halus dan Shuo/cepat menunjukkan Yin kurang, nadi Fu/mengambang menunjukkan adanva serangan patogen luar pada area Biao/permukaan.
iii) Prinsip pengobatan:
Menambah Yin dan mengusir patogen pada area Biao/permukaan.
iv) Titik-titik akupunktur:
Da Zhui, He Gu, Fei Shu, Shen Shu, Fu Liu, Tai X, San Yin Jiao.
v) Cara akupunktur:
Da Zhui tusuk sedalam 0,8-1,2 cun, gunakan stimulasi Xie/sedatif; He Gu gunakan stimulasi Xie/sedatif; Fei Shu tusuk sedalam 0,5-1,2 cun, gunakan cara Bu/menguatkan; Shen Shu tusuk sedalam 1,0-1,5 cun, gunakan stimulasi Bu/menguatkan; Fu Liu, Tai Xi, San Yin Jiao tusuk sedalam 1,0- 1,2 cun, gunakan cara Bu/menguatkan.
vi) Alasan penggunaan titik-titik:
Tubuh berlatarkan kekurangan Yin, apabila terserang patogen dari luar, maka dalam pengobatan di samping menghalau patogen, perlu memperhatikan menambah Yin. Titik-titik Da Zhui dan He Gu digunakan untuk menghalau patogen luar yang berada pada area Biao/permukaan. Titik Fei Shu di samping dapat menghalau patogen yang menyerang sistem Fei/paru, juga dapat menambah Fei Yin (Yin dalam Fei/paru). Shen/ginjal menguasai Yin seluruh tubuh, maka dipilih Fu Liu yang bersifat logam, dan titik T Tai Xi (titik Yuan) untuk menambah Yin dalam Shen/ginjal. Ttitik San Yin Jiao merupakan titik pertemuan tiga meridian Yin kaki, penusukannya sekaligus menambah Yin pada tiga organ Zang.

sumber: http://team-annahl.net/index.php/component/content/article/40/86-ganmao

Tidak ada komentar:

Posting Komentar